Tuesday, May 23, 2017

Cara Mengurutkan Playlist Mp3/Video di Flashdisk Saat Diputar Pada DVD Player

Assalamulaikum sobat blogeria semua...semoga selalu diberikan nikmat sehat yah...
halowww...yang punya penyewaan sound system dirumah yang pasti punya koleksi lagu seabreg, pak sopir yang suka lagu dangdut ama campur sari, dan yang lagi dalam keadaan sunyi sepi sendiri lagi mending mending nyetel musik dengan lagu favorit...ada yang bilang dengerin musik itu bisa mengendalikan mood saat mengemudi, meningkatkan suasana hati.

Bagi anda yang suka menyetel lagu pada tape mobil, DVD player, ataupun speker aktif menggunakan flashdisk sebagai media penyimpan file lagunya. Memutar musik atau video dari flashdisk memang praktis, ukurannya kecil dan filenya gampang ditambah atau dikurangi.

Kalo sudah gini mending ambil buat playlist musik lagu kesukaan puter deh di DVD player atau Speaker aktif.
Ehh...tapi kadang terdapat masalah misalnya, udah buat playlist atau lagu favorit udah diurutkan di flasdisk ko diputer dalam DVD player ga urut yah (ngacak) ? padahal dilaptop sudah bener urutannya...

kali ini ane bakal sharing sedikit tentang bagaimana?sih Cara Mengurutkan Playlist Mp3/Video di Flashdisk Saat Diputar Pada Dvd Player atau perangkat lainnya seperti audio mobil, speaker aktif yang ada fasilitas port USBnya.


Mungkin ini masalah anda ?

Sebagian besar MP3 Player atau memutar mp3/video yang disimpan dalam flashdisk memiliki masalah berkaitan dengan urutan pemutaran lagu. Urutan lagu yang diputar oleh DVD Player tidak sama dengan urutan file MP3 yang tampil di layar komputer.

Ini Penyebabnya

Ketika kita mengkopi file lagu mp3 ataupun video ke flashdisk, itu berdasarkan urutan fisik file yang masuk ke FD(Flashdisk)  atau tergantung urutan file yang tercatat pada index tabel file struktur di FD atau MBR=Master Boot Record. Sehingga urutan file yang tersimpan dalam file sistem tidak selalu urut abjad, padahal saat kita lihat pada laptop sudah urut sesuai abjad atau berdasarkan waktu (tergantung short yang kita pilih).

Sedangkan sebagian besar DVD player/MP3 player memutar berdasarkan ‘Daftar Isi’ yang ada pada FD tersebut, dimana urutan file pada Daftar Isi tidak selalau urut sesuai dengan keinginan kita.

Yupz ! Ini Solusinya

Agar lagu atau video yang ada dalam flasdisk bisa diputar sesuai dengan playlist yang sudah kita urutkan dengan komputer, kita membutuhkan bantuan software ringan yang bernama DRIVESORT. Silahkan software anda download DISINI.

Langkah 1
Oke pertama kita buka atau jalankan software DriveShort yang sudah kita download tadi. Caranya : file yang sudah kita download adalah file winRar, kita bisa extrac terlebih dulu atau langsung buka dengan cara dobel klik. (Ingat : Tanpa mengINSTALL)

1.1 Jalankan Software DriveShort
Tampilan utama Software DriveShort
1.2 Tampilan utama (user interface DriveShort)

Langkah 2
Buka drive Flash disc yang akan diurutkan. Caranya : Klik menu Disk - Open - Letak Drive Flashdisc kita (misal punya saya adalah di drive H: ), atau dengan menggunakan tombol menu Open a Disk . silahkan bisa lihat pada gambar 2.1
2.1 membuka drive Flashdisk dengan tombol menu Open a Disk

2.2 Tampilan  drive letak Flash disk
Catatan : Jika terjadi error saat membuka drive letak Flash disk, ada salah satu file pada flash disk sedang di buka atau diakses.

Setelah itu semua isi file pada flasdisk akan ditampilakan tentunya dengan urutan file sebelum memakai software DriveShort.

2.3 Menampilkan semua isi file pada Flashdisk (sebelum memakai driveshort)

Langkah 3
Pada Flashdisk ini saya sudah mengurutkan sebelumnya, tetapi saya baru saja menambahkan file lagu MP3yaitu seperti yang terlihat pada gambar 3.1 dan lagu itulah yang akan saya atur menjadi Playlist atau urutan pemutaran lagu yang saya inginkan.

yang mana pada file mp3 tersebut masih belum urut yaitu 03 Drive - bersama bintang.mp3, 01 Jab -Tak Hai Jaan.mp3, dan 02 ungu-hanya cinta.mp3.
Sedangkan saya menginginkan daftar putar nya menjadi 01 Jab -Tak Hai Jaan.mp3, 02 ungu-hanya cinta.mp3, 03 Drive - bersama bintang.mp3
3.1 tampilan semua file FD dan file yang akan diurutkan

Langkah 4
Pilih menu  Playlist Mode, dengan menu file yang ditampilkan adalah file-file yang berkaitan dengan Playlist saja. caranya lihat gambar 4.1
4.1 tampilan ketika mengaktifkan Play List Mode
Menambahkan ektensi file yang bisa diputar.
Extensi File yang dikategorikan sebagai lagu bisa diatur melalui menu Extensi yang bila diakses akan menampilkan window seperti gambar 4.2, silahkan diatur/ditambahkan ekstensi lainnya bila dikehendaki misalnya file video .mpg
4.2 pilih menu extensions untuk menambahkan ektensi baru


Langkah 5
Saatnya mengurutkan lagu.
Terdapat dua macam cara untuk melakukan proses pengurutan file dalam playlist, yaitu cara otomatis dan cara manual (kedua cara ini bisa dikombinasi, setelah disetting otomatis terus masih juga belum sesuai dengan keinginan ya sudah pakai manual aja).

SETTING CARA OTOMATIS
kita akan mengatur pada Sort Current Folder, pilih saja Sort Name Sort, kemudian pada Order - Accending, pada Directories - pilih Before the files . kemudian klik tombol sort untuk menyortir/ mengurutkan sesuai dengan settingan.

Bila bingung lihat gambar 5.1 berikut ini.
5.1 setting sortir Otomatis
5.2 Klik tombol Sort, ketika settingan sortir sudah sesuai

NB : Pada langkah ini Settingan bisa sesuai keinginan anda, dan anda bisa ber-EKSPERIMEN sendiri. he

Berikut keterangan untuk Setting menu sortir :

Metode Sorting File :
Short Name Short : File diurutkan berdasarkan Nama Pendeknya (kolom NB.)
Long Name Short : File diurutkan berdasarkan Nama Panjangnya (kolom Long Name)

Aturan Pengurutan :
Order - Ascending : File diurutkan dari nama terkecil ke terbesar (dari A ke Z)
Order - Descending : File diurutkan dari nama terbesar ke terkecil (dari Z ke A)

Pengurutan Folder dan File :
Directories > Before the files artinya  Folder akan dikelompokkan terlebih dahulu di urutan teratas sebelum file-file diurutkan terpisah.
Directories > After the files artinya Folder akan dikelompokkan di urutan terbawah setelah file-file diurutkan terpisah.
Directories > Mixed with files artinya Folder dan file tidak dibedakan, semua diurutkan tercampur tergantung namanya.

Subdirectories : Bila dicentang maka proses pengurutan akan dilakukan sampai ke dalam-dalam folder yang dipilih (sub folder), bila tidak dicentang maka pengurutan hanya dilakukan untuk folder yang dipilih saja dan tidak sampai ke semua file di subfolder.


SETTING CARA MANUAL
Untuk melakukan proses pembuatan playlist secara manual bisa dilakukan dengan cara klik file musik/video kemudian geser atau bawa ke atas atau bawah "drag n drop" secara langsung, maka pengurutan bisa kita lakukan sesuka kita tanpa harus mengikuti pola nama atau pola apapun.

perhatikan gambar 5.2
5.2 Setting manual dengan cara Drag and Drop

Langkah 6
Menyimpan file lagu atau video yang telah di urutkan sesuai keinginan.
Untuk menyimpan playlist atau meng-apply playlist yang telah kita setting secara permanen ke Flashdisk maka pastikan untuk memilih drive Flashdisk punya yang telah diatur tadi (contoh punya saya adalah root folder H:\).

Kemudian pastikan setting Subdirectories tercentang supaya secara otomatis semua perubahan pada subfolder juga tersimpan. yang terakhir adalah klik tombol SAVE.

6.1 langkah - langkah menyimpan Playlist yang sudah di setting
Tunggu proses penulisan urutan file dilakukan pada Flash disk dan jangan mencabut Flasdisk.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semisal kehilangan data alangkah baik nya apabila file penting di Backup terlebih dahulu.

dan Selesai Playlist sudah sesuai keinginan kita tidak loncat sana loncat sini. hehe
itulah bagaimana Cara Mengurutkan Playlist Mp3/Video Flashdisk Saat DiputarPada Dvd Player. Semoga bermanfaat 

Artikel Terkait

This post have 96 komentar

Silahkan tinggalkan pesan atau berkomentar dengan baik dan sopan
EmoticonEmoticon

  1. bagus mas, ada cara yang lain ga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pak...nanti saya share lewat email saja yah...

      Delete
    2. Klo didalam lagu ada 10 atau 30 lagu saya cuman saya kasih nomor aja,jadi kesimpulannya per lagu saya nomorin,misal 1.jaran goyang
      2.sayang
      3.lungset dst....kira2 gimana menurut mas yashkuri

      Delete
    3. Gimana kalau di dalam flashdisk itu ada file kayak ms. Word/ lain"
      Ketika di tancap ke sound lagu"nya tidak terbaca itu gimana ngatasinnya?

      Delete
  2. terima kasih .. sangat bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  3. kok nyomot softwarenya beda dengan tampilannya ya

    ReplyDelete
  4. Klo didalam lagu ada 10 atau 30 lagu saya cuman saya kasih nomor aja,jadi kesimpulannya per lagu saya nomorin,misal 1.jaran goyang
    2.sayang
    3.lungset dst....kira2 gimana menurut mas yashkuri

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sudah download soft "drive short" yah ?

      mending seeting manual aja mas hendro...
      tinggal ngurutin aja sesuai keinginan (drag and drop) ...

      Delete
  5. Terima kasih gan,bermanfaat banget ilmu nya 😁😁

    ReplyDelete
  6. maaf mas mau nanya kalo fake kode nomor bisa? nanti kalo ingin lagu tertenu tinggal masukin nomor lalu muncul lagu tersebut .. mhon fencerahannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ketika FD yang isinya lagu sedang diputar kemuadian kita ingin memilih lagu tertentu...dan kepengen tinggal pencet nomor , Seperti itu maksudnya mas ?

      Delete
    2. ya mas seferti itu ,,, kira2 ada fetunjuk yang lebih jelas dari mas nyah .. terimakasih ....

      Delete
    3. apa sudah ada petunjuk yg bisa dishare?

      Delete
  7. Saya udah Download drivesort nya.. Tp hasilnya beda.. Gk sesuai gb2 di atas.. Jd gk bisa

    ReplyDelete
  8. Kan saya ada mp3 nih mass nah saya masukin kartu sd yg udah di isi lagu tapi lagunya gak ngurut/klo di play cuma berdurasi 3sec gimana solusinya mass help :(

    ReplyDelete
  9. kalau misalnya ada folder"lain yg ada lagunya, yg pertama di play yg dalam folder, atau lagu dluar folder?

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. sama kok mas...sudah download yang DriveSort (EN, Windows)

      Delete
  11. Maaf pak bisa minta tolong juga dikirim via emai..
    Sumiyani7@gmail.com
    Trima kasih pak

    ReplyDelete
  12. terima kasih gan. sangat bermanfaat ilmu nya sangat membantu, sudah d coba berhasil

    ReplyDelete
  13. Maaf mas bisa minta tolong juga dikirim via emai ke saya..
    rochman62@gmail.com
    Trima kasih pak

    ReplyDelete
  14. Saya juga pengin coba mas...mita di kirim...makasih sebelumnya...
    endarto888@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Gan blh krm ke email saya jg,penasaran pingin nyoba jg,soale artikel yg sangat pntg nih..
    Nih email saya: sandilorenso7777@gmail.com
    Mksh sblm nya gan..

    ReplyDelete
  16. Mas, tolongin dong.. klo sukses insyaaAllah pahala jariyah mas.. Email saya cakdawie@gmail.com mau ngurut alquran per ayat kmaren donlot drivesort yg new versi gagal instal terus.. klo old versi cuma bisa sort by date dan by size aja..

    ReplyDelete
  17. mas kalaw gk bisa disave gimana solusi nya ya mas

    ReplyDelete
  18. mas minta dikirimkan juga DriveSotrc??
    abuakramrapkal@gmail.com

    ReplyDelete
  19. mas minta dikirimkan juga DriveSotrc??
    tossenet@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Bisa kirimi email nya juga Mas Yashkuri

    ReplyDelete
  21. Minta emailnya gan. ebook0pdf@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Minta emailnya gan. ebook0pdf@gmail.com

    ReplyDelete
  23. gan, kok ada beberapa folder yg tidak ditampilkan pada saat menekan mode playlist ?

    ReplyDelete
  24. bisa kirimkan ke
    mybisnis1988@gmail.com
    ni wa aku gan 087769496938

    ReplyDelete
  25. bisa kirimkan ke
    mybisnis1988@gmail.com
    ni wa aku gan 087769496938

    ReplyDelete
  26. Minta kirim juga Gan
    asyabahazaidinnn@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  27. minta kirim juga dong bro
    killer.croot69@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Cek Email gan yang minta file nya seperti di tutor nya...semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  29. mantul mas... trima kasih banyak semoga dapat pahala.. ammiin

    ReplyDelete
  30. bisa kirim file lewat email mas mr.yahya1226@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Minta kirim juga Mas mr.yahya1226@gmail.com

    Syukran sebelumnya

    ReplyDelete
  32. saya coba berkali-kali...masih susah...mohon maaf, penjelasannya kurang jelas

    ReplyDelete
  33. Minta kirim juga Mas mr.yahya1226@gmail.com

    Syukran sebelumnya

    ReplyDelete
  34. MASYA Allah tutorialnya sangat bermanfaat, bisa minta tolong fikirimkan softwarenya? penuntutilmu25@gmail.com

    thanks jazakallahu khairan

    ReplyDelete
  35. minta kirim juga mas, penuntutilmu25@gmail.com
    jazakallahu khairan...

    ReplyDelete
  36. Kl mau pake nomor tinggal pencet nomornya bagaimana Mas? widiyantor@gmail.com. Terimakasih

    ReplyDelete
  37. ASSALAMULAIKUM GAN ,,TOLONG DIBANTU KIRIM SOFTWARENYA DI GROSIRVOIP@GMAIL.COM YA

    ReplyDelete
  38. Gan tolong bantu kirim sofwernya di yantosahara88567@gmail.com

    ReplyDelete
  39. bantu juga gan. kirim email. simanjuntakjs@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Kak bisa minta tolong kirim file beserta panduannya ke email : nursigityulianto@gmail.com

    jazakallahu khairan...

    ReplyDelete
  41. Wah bagus artikelnya, ini yang saya cari2 terimakasih mas bro
    JIka ingin mendengarkan radio streaming, silahkan mampir ke blog https://radiomaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  42. Mas, mohon bantuan panduan dan filenya ke efiroshop@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  43. Kak bisa minta tolong kirim file beserta panduannya ke email : muhammad.halimaziz1@gmail.com

    jazakallahu khairan...

    ReplyDelete
  44. MASYA Allah tutorialnya sangat bermanfaat, bisa minta tolong juga kikirimkan softwarenya? dendisaputra950421@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya gan..

    ReplyDelete
  45. Saya juga mas tolong kirim jg sofware nya. . yoesoefhalim10@gmail.com trimaksh semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  46. Saya juga mas tolong kirim jg software nya..
    nurzizah181@gmail.com
    Makasih mas

    ReplyDelete
  47. Gan minta kirim software nya,ke email:mhkaramy77@gmail.com .Makasih gan

    ReplyDelete
  48. mas, kalo ga bisa di save filenya,
    solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  49. Mas minta sopwerenya soalnya saya download tak sesuai minta di kirim ya ini email saya : bayuirawan9621@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Sangat membantu... terimkasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  51. Pak... Mau tanya.. Saya downloads music.dan saya pindah hasil downloads td ke memori.. Diplaylistnya urut... Tp pas saya cabut memori.. Terus sy pasang di music box... Play musiknya g urut... Lompat2... Misal dari urutan 1 selanjutnya langsung ke urutan 10... Begitu seterusnya... Bagaimana agar dimusik box jg bisa urutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti tutorialnya mas. semoga berhasil.
      mungkin sama kya memutar musik di DVD player / speaker aktif

      Delete
  52. minta filenya mas
    koplakasu1922@gmail.com

    ReplyDelete
  53. silahkan cek email yang minta file

    ReplyDelete
  54. Minta filenya juga mas, alfrianto.ranteliling@gmail.com

    Saya do'akan semoga sehat sukses selalu mas Yashkuri

    ReplyDelete
  55. Masih ada Driveshort nya Gan??
    minta yaa bidiktime@gmail.com

    Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada file driveshort nya gak mas ?
      minta kirim lewat email bukansopimoke@gmail.com

      suwun

      Delete
  56. masih punya file driveshort-nya mas?
    punya saya yg download lewat link tdk bisa di save..
    email saya arifmaruf22@gmail.com
    trm ksh banyak sblmnya..

    ReplyDelete
  57. assalamualikum mas saya kirim file drivesortnya dong , soalnya udah unduh tapi ga bisa di save
    azakariya20@gmail.com

    ReplyDelete
  58. kalo buat setting agar 1 lagu bisa diulang ulang bisa gak mas pas ditekan baru pindah

    ReplyDelete