Tuesday, February 2, 2016

Editing Video Mudah dengan Pinnacle 12

Assalamualaikum...sahabat blogerista yang semoga selalu diberkahi dan Selalu diberikan kemudahan olehNYA? pasti sobat semua punya banyak video liburan keluarga, video ulang tahun si buah hati, acara keluarga sperti pernikahan atau khitanan yang masih tersimpan rapi dalam hardisk PC atau laptop bahkan handphone anda, kini saatnya anda merangkai semua video kenangan manis itu dalam tayangan video yang menarik. Memberikan judul kenangan dengan Backsound lagu kesukaan dan terfavorit.

Pada kesempatan ini admin yashmedia akan memberikan panduan/tutorial video editing menggunakan software Pinnacle Studio versi 12, program yang pas sekali untuk yang baru belajar video editing atau pemula. Silahkan sobat semua simak langkah demi langkah dari awal mem buka program sampai akhir proses make movie atau rendering.

Silahkan simak dan ikuti langkah demi langkah editing video dengan Pinnacle versi 12 :
1. Jalankan program Pinnacle Studio Ultimate 12 dengan cara Klik Start --> Pinnacle Studio 12.

2. Klik File > New Project dari Menu Bar Pinnacle Studio Plus untuk membuat sebuah file Project yang baru.
3.Pada interface terdapat kotak menu Capture, Edit, Make Movie silahkan Pilih kotak menu EDIT (disinilah video kita akan diedit memotong gambar, memberikan transisi, memberikan judul, dan Backsound lagu atau Instument)
4. Sekarang kita mengambil video yang akan diedit silahkan Pilih Show Video kemudian Klik tanda Icon Folder --> Cari video yang akan diedit klik untuk memilih dan Open.
Proses Deteksi Video
Video sudah tampil pada tab EDIT per Scene
5.Setelah video tampil pada tab Show Video dengan tampilan per scene, pilih scene video (CRTL+A untuk menyeleksi semua video) kemudian Drag and Drop scene video ke Timeline

Tampilan Timeline Hasil Drag and Drop

6. Setelah video sudah di Timeline pasti ada beberapa Scene yang tidak dipakai mungkin karena filenya rusak, kurang cahaya atau terlalu gelap, atau gambarnya goyang maka kita harus menghapusnya caranya dengan Klik Scene Video yang akan dihapus kemudian tekan tombol Delete atau dengan Klik tombol Icon Delete pada Timeline

Pilih Scene Video yang akan dihapus dan tekan tombol DEL atau Delete the selected clip (Delete)
 
7. Bagaimana kalau yang akan hapus ada di tengah-tengah panjang video (ditengah Scene) karena tadi kita menghapus satu Scene. Berarti kita harus memotong video itu caranya dengan tombol Split.
Silahkan arah posisi Slider pada posisi video yang akan dipotong kemudian Klik tombol Split the selected clips at the frame shown

Tombol Split
Posisi Slider ketika akan memotong video

Hasil potongan video
Lakukan hal sama yaitu memotong dengan tombol Split karena kita akan menghapus gambar rusak/kurang bagus ditengah Scene.
Memotong denga Split yang kedua


Hasil potongan video yang ke dua
8. Pilih Scene hasil pemotongan yang ada ditengah kemudian Delete

Lanjut ke : Editing Video Mudah dengan Pinnacle 12 ---> Part 2



Artikel Terkait

1 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan atau berkomentar dengan baik dan sopan
EmoticonEmoticon